Minggu, 01 Februari 2009

JAHE INSTAN BUATAN SENDIRI

Suasana dingin musim hujan biasanya membuat kita berpikir untuk mencoba hal baru di rumah. Misalnya mencoba resep-resep baru. Untuk menghangatkan suasana keluarga tidak ada salahnya kita coba membuat minuman. Minuman tradisional yang hangat dan menyehatkan.


Salah satu minuman vaforit masyarakat indonesia adalah minuman jahe hangat.
Yuk, kita coba resep membuat jahe instan sendiri....

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 kg jahe merah/ jahe emprit
  • 2 kg gula pasir
  • 7 lembar daun pandan
  • 5 batang daun sereh
  • 10 lembar daun jeruk purut
  • 3 gelas air putih

Cara Membuat :
  1. Cuci rimpang jahe hingga bersih dengan air kran ( air mengalir). Potong kecil-kecil agar mudah diblender.
  2. Blender semua jahe hingga benar-benar halus sambil tambahkan 2 gelas air putih. Saring dan ambil airnya,pisahkan dari ampasnya.. Diamkan selama 20 menit agar air dan endapannya terpisah.
  3. Rebus daun pandan,daun sereh dan daun jeruk dengan 1 gelas air putih. Biarkan mendidih hingga air tersisa separuhnya.
  4. Buang daun-daunnya, tinggalkan airnya. Masukan air jahe kedalam air rebusan tadi, dengan cara menyaringnya agar air endapan jahenya tidak ikut. Tambahkan gula, masak dengan api kecil sambil terus diaduk.
  5. Aduk terus hingga cairan jahe mengkristal dan berwarna kecoklatan. Angkat dan haluskan butiran yang masih menggumpal. Simpan di dalam wadah atau containe tertutp rapat dan kering.
  6. Anda bisa membuat membuat minuman jahe hangat dengan cara menyeduhnya setiap saat anda mau.
Selamat mencoba.....

7 komentar:

  1. bagaimana kalau menggunakan Gula aren?

    BalasHapus
  2. bagus idenya. moga barokah

    BalasHapus
  3. saya pingin minum jahe yg katanya bisa ngurangi sesek napas saya. tp kl beli jahe yg pabrikan (atau mungkin sugesti saya) rasanya gak cocok (mual-kek mau muntah), kl buat sendiri dengan dibakar, malah serak ditenggorokan dan batuk-batuk. mungkin resep ini bisa sy coba. btw, mbak mo tanya.kl saya simpan sisanya bisa tahan brapa hari ya kirakira.
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah menyimpan selama 3 bulan baik rasa maupun warna tidak berubah karena kalau saya buat 1 kg itu ndak habis tiga bulan,saya juga penderita sesak napas dan kayaknya tidak ada efeknya yang nampak berubah agak menjadi kebal masuk angin

      Hapus
  4. lbh bagus mana? jahenya di blender atau di parut?

    BalasHapus
  5. Bagi anda yang ga mau direpotkan dengan proses pembuatan, kami menyediakan Minuman Sehat Jahe yang dikemas dalam bentuk bubuk instan. Komposisi dari Minuman Sehat Jahe ini murni berasal dari Jahe pilihan dan gula pasir. Kami membuatnya dengan cara tradisional warisan nenek moyang kita. Jadi tidak ada tambahan zat pengawet atau bahan kimia lainnya… Trima kasih

    BalasHapus
  6. terima kasih banyak atas resepnya

    BalasHapus